ARTIKEL

Membedakan Tasbih Kokka Asli

Mengapa tasbih kokka yang beredar di pasaran saat ini 95% mayoritas terbuat dari buah kokka bukan dari kayunya?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tasbih  kokka mayoritas terbuat dari buah kokka :

  1. PROSES IMPORT

Proses import kayu kokka tidak semudah yang kita bayangkan.Ini sama seperti ketika kita mau menjual kayu gelondongan jati ke Malaysia atau Amerika.Bayangkan seperti apa sulitnya.Lebih dari itu kayu kokka juga sangat dilindungi oleh Negara asalnya karena merupakan kayu yang sangat langka dan mempunyai nilai history yang sangat tinggi.

  1. PROSES PEMBUATAN

Proses pembuatan tasbih dengan kayu kokka sangat sulit karena faktor kayu yang keras yang sulit dibentuk,beda dengan buahnya yang mudah untuk dibentuk menjadi tasbih maupun aksesoris lainnya. Kayunya tentu kasar dan berserat, jadi jika dibuat buliran tasbih tidak semulus buahnya yang keras mirip batok kelapa, tetapi jika pengrajin terampil dalam membuat buliran tasbih terbuat dari pohon kaokah akan lebih baik daripada buahnya.

CIRI CIRI KOKKA ASLI

Karakteristik kokka yang asli baik kayu maupun buahnya adalah tenggelam plung langsung kedasar bawah air atau kolam yang sangat dalam walaupun hanya sebutir biji tasbih.Tenggelam dalam air (tidak mengambang),selalu terlihat berminyak dan memiliki aroma (wangi) yang khas yang tidak bisa ditiru.

Pohon Kokka banyak ditemukan di Nigeria, Turki, Mesir dan Iran dengan beberapa perbedaan, yaitu yang tumbuh di hutan dan pantai. Sedangkan yang disebut buah kokka yang dijadikan tasbih dan acecories lainnya sebenarnya adalah buah pohon Attalea Funifera  sejenis pohon palm seperti Kuka, Coquilla, Coco De Mer atau Melanococa. Funifera pohon Attalea (Arecaceae) kayunya tentu kasar dan berserat, jadi jika dibuat buliran tasbih tidak semulus buahnya yang keras mirip batok kelapa, tetapi jika pengrajin terampil dalam membuat buliran tasbih terbuat dari pohon kaokah akan lebih baik daripada buahnya.

Berikut karakteristik buah Kokka asli yang lainnya :

 

  • Kokka selalu memiliki tanda-tanda retak, baik secara langsung atau retak retak di dalamnya. Sulit sekali menemukan tasbih yang mulus-lus kecuali dengan cara melakukan seleksi khusus. Yaitu yang retak disisihkan dan yang mulus disisihkan. Cara ini efektif tapi kemudian tentu harga kokka yang semua mulus menjadi sangat mahal
  • Kokka tidak berwarna asal coklat semuanya seperti kayu jati, karena ada juga kokka yang berwarna putih, coklat putih, coklat muda, coklat tua dan bahkan hitam legam atau ada yang campuran hitam putih seperti zebra  tergantung pada usia jenis dan kualitas kokka.
  • Kokka buahnya akan jatuh setelah usia rata-rata 50 tahun, tetapi ada juga beberapa dekade yang sudah jatuh atau dipetik tapi kualitasnya tidak begitu super.
  • Jika Kokka di rendam dalam minyak goreng, minyak kemiri atau non alkohol maka akan selalu berubah warna menjadi coklat tua sampai hitam.
  • Kokka warna asli selamanya tidak akan pernah pudar karena semakin lama akan berwarna coklat tua sampai hitam berkilauan.
  • Untuk buah kokka ada dua jenis yang pertama tidak ada isinya atau sering disebut juga buntu, buntet, buta dll dan yang kedua ada isinya alias lubang atau kokka wanita/perempuan
  • Kokka mempunyai berat yang khas, juga suaranya khas ketika antara bulir yang satu bertabrakan dengan bulir yang lainnya
  • Kokka asli jika setelah di rendam minyak alami maka warnanya akan kembali seperti semula secara perlahan tetapi akan berubah lebih kelihatan tua dan goresan retaknya akan semakin kelihatan, tapi jangan kwatir goresan retak inilah justru ciri has kokka asli dan tidak akan pecah, jika terpaksa kokka anda pecah jangan risau, ambil pecahannya dan tempelkan perlahan dengan perekat besi misalnya lem elteco

Ciri Kokka palsu terbuat dari biji kolang kaling :

Kokka Kolang Kaling 300x225 Membedakan Tasbih Kokka Asli

  • Kolang kaling asli warnanya adalah putih tapi jika dilakukan penggorengan biji itu akan berubah warna coklat-hitam gelap
  • Bahwa biji kolang kaling jika goreng masih akan mudah untuk menarik keluar jamur, tapi jamur akan hilang jika dibersihkan dengan kain lembut dan jika kokka direndam dalam minyak atau minyak alami lainnya akan cerah lagi dan warna akan tidak berubah sebagai kokka asli.
  • Biji kolang kaling yang disulap menjadi kokka palsu jika butirannya di pecah maka tetap saja berwarna putih, namun ada pemalsuan yang lebih canggih warnanya juga bisa berubah coklat setelah mengalami proses kimia.
  • Kokka palsu dari manik-manik biji kolang kaling beratnya hampir sama dengan biji kokka asli.
  • Kokka palsu dari manik-manik biji kolang kaling untuk membuktikan keasliannya maka pecahlah, walau sudah di goreng masih di dalamnya masih putih.
  • Kokka manik palsu kolang kaling, jika memakai pewarna lama-lama akan berubah menjadi coklat muda dan cenderung untuk secara bertahap menjadi putih.

Untuk membeli Kokka asli hubungi Bpk. Achmad Jemy di SMS/Whatsapp 083897837563

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *